Rabu, 30 Mei 2018

Perbedaan dan Ciri ROM MIUI Global/China, Distributor dan Developer Lengkap

Perbedaan dan Ciri ROM MIUI Global/China, Distributor dan Developer - Ahir - ahir ini ponsel Cina merambah pasaran di Indonesia. Banyak beredal smartphone - smartphone keluaran china yang menjadi populer dan laris di pasaran Indonesia. Tak terkecuali Xiaomi, pasalnya ponsel ini memiliki spesifikasi unggul serta dibandrol dengan harga yang sangat murah dibandingkan ponsel lainnya seperti merk Samsung, Sony ataupun Iphone.

Perbedaan dan Ciri ROM MIUI Global/China, Distributor dan Developer Lengkap

Namun, ada rahasia dibalik murahnya ponsel Xiaomi di Indonesia. Pasalnya, rata - rata ponsel yang dijual di Indonesai tidak memiliki garansi resmi ternama seperti Sein ataupun Tam. Pembelian ponsel Xiaomi dengan garansi Distributor dibanding garansi resmi harga sangat jauh berbeda.

Akibanya berdampak kepada simtem operasi ataupun ROM Xiaomi itu sendiri. Tidak sedikit ponsel Xiaomi dengan garansi distributor memiliki rom yang bisa dibilang "abal - abal". Ya, pasalnya ROM yang digunakan bukanlah ROM Resmi atau Global milik Xiaomi.

Bagi orang yang paham mengenai smartphone mungkin ini tidak masalah dan bahkan bisa menjadi peluang usaha yang cukup menggiurkan. Karena pada dasarnya jika kita mengetahui caranya bisa mengubah dari ROM Distributor ke ROM China ataupun Global Stable dengan sendiri dan tidak membutuhkan modal yang banyak.

Nah, bagi anda yang membeli ponsel Xiaomi baru mungkin bisa terlebih dahulu untuk mengecek ROM MIUI apakah Global, Developer atau malah Distributor. Disini saya akan memberikan beberapa kode atau Ciri - Ciri ROM Asli Global untuk membedakan semua ROM tersebut agar anda mengetahuinya.

1. ROM Stable (ROM Global dan ROM China)

ROM Stable merupakan ROM yang dikelaurkan resmi oleh pihak MIUI dan masih mendapat support perkembangan oleh MIUI. Artinya jika anda menggunakan ROM Global Stable atau ROM China Stabel akan mendapatkan update secara rutin. Bisa dua minggu sekali ataupun satu bulan sekali yang sudah dijawal secara rutin.

Hal ini ditujukan untuk meminimalisir bug yang ada pada saat muncul rom baru. Namun, resikonya anda akan kelihangan kuota jika pembaruan ini disetting otomatis. Solusinya yakni anda bisa menonaktifkan pembaruan otomatis atau melakukan pembaruan disaat anda terkoneksi dengan Wi-Fi.

Untuk melihat ponsel Xiaomi anda bisa menuju Setting - Tentang Ponsel kemudian anda scrol kebawah ke MIUI Version.

Bisa dilihat jika anda menggunakan ROM Stable hanya terdapat 4 digit angka. Misalnya MIUI Global 9.2 | Stabil 9.2.3.0 (MXEMIEK)

Perbedaan dan Ciri ROM MIUI Global/China, Distributor dan Developer Lengkap

Lalu, apa Perbedaan ROM Global Stabil dengan ROM China Stabil

Jika dilihat dari fiture yang diberikan semuanya sama saja. Hanya terdapat perbedaan dalam bahasa. Jika ROM Global bisa mengubah bahasa jika menggunakan ROM China hanya menyediakan Bahasa China (tidak disemua aplikasi) serta Google Play Store diganti dengan App Store ( Store milik MIUI yang berbahasa China)

ROM ini sangat dianjurkan untuk anda gunakan. Pasalnya dari segi stabilitas serta keamanan sudah diuju jauh - jauh hari sebelum diluncurkan serta jika dilihat dari penggunaan baterai lebih hemat dari pada ROM lainnya.

2. ROM Developers (ROM Global dan ROM China)

ROM Developer merupakn rom yang dikembangkan oleh MIUI sama dengan ROM Stable. Perbedaannya terletak pada waktu update yang tergolong lebih lama dan tidak menentu serta bug yang dimiliki.

ROM ini tidak dianjurkan pasalnya ketidak stabilan dalam uprage ROM. Jika biasanya kita melakukan pembaruan atau UPRAGE pasti menuju ke yang lebih baik. Tapi, tidak untuk ROM Developer. Bisa saja update mendatang bisa lebih jelek dari yang sekarang.

Nah, untuk mengetahi apakah ROM Developer yang anda gunakan bisa dilihat dari MIUI Version pada digit angka yang tertulis. Pada dasarnya diawali dengan 6, 7 atau 8 dan jumlah digitnya tidak menentu bisa 4 atau 5.

Misalnya : 7.12.29

Kode angka tersebut merupakan kombinasi dari tahun, bulan serta tanggal pembuatan. Jika tertulis seperti itu tandanya tahun 2017 Desember 29.

3. ROM Distributor atau ROM "Abal - Abal"

Inilah ROM yang banyak digunakan oleh produk Xiomi yang dijual dipasaran. Jika anda membeli ponsel XIAOMI tanpa embel - embel garansi resmi seperti TAM, Erajaya dan yang lainnya kemungkinan besar ROM yang digunakan adalah Abal - Abal (namun tidak semuanya).

Untuk melihat ROM MIUI Distributor atau tidak bisa dilihat dari MIUI Version pada digit angka ataupun variasi angka.

ROM Distributor misalnya : 8.0.50.0 (LXKCNDG)

Perbedaan dan Ciri ROM MIUI Global/China, Distributor dan Developer Lengkap

Bisa dilihat bahwa digit lebih dari 4 angka yang menunjukkan ROM ini adalah abal - abal ataupun Distributor.

Banyak alasan yang digunakan oleh Distributor Xiaomi menggunakan ROM ini pada ponselnya seperti pada tidak adanya update pembaruan pada rom distributor, pada ponsel baru tidak ada rom resminya, untuk unlock 4G dan yang paling berbahaya yakni bisa jadi disisipi virus berupa malware atau yang lainnya untuk memata - matai aktivitas kita.

Makadari itu, ROM jenis ini sangat tidak dianjurkan untuk anda orang awam menggunakannya. Jikapun sudah terlanjur menggunakan, bisa anda ubah ke ROM Global Stabil.

Demikian ulasan mengenai Perbedaan dan Ciri ROM MIUI Global/China, Distributor dan Developer Lengkap, mudah bukan untuk membedakannya ? 

Artikel Terkait

Perbedaan dan Ciri ROM MIUI Global/China, Distributor dan Developer Lengkap
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email